Kata Bung Karno, "Jasmerah !"

Sejarah ? Ya terkadang kita perlu menengok ke belakang untuk belajar menjadi lebih baik di masa sekarang dan masa depan. Termasuk juga dalam membesarkan start-up, banyak rintangan, sekaligus problem-solvingnya, sayang sekali bila tidak dituliskan. Yang itu semua adalah bagian episode yang seru dalam hidup. Hope it will be useful :)

jurnaLISTRIK, never ending project

Wednesday, October 26, 2011

JurnaLISTRIK, sempet gak yakin memilih nama itu untuk sebuah majalah. Kepanjangan bok, kalo liat nama majalah di rak-rak buku toko buku, nama majalah singkat-singkat, macem SWA, Tempo, dll pokoknya cuma satu ato dua suku kata. Tapi sayang banget kalau nama yang asik ini gak dipake. Juga karena nilai plesetannya yang keren. Orang juga bakal langsung tau apa isinya. So, our magz named jurnaLISTRIK. Toh gudang garam aja jadi nama rokok, kapal api jadi merekk kopi, masa jurnaLISTRIK gak bisa jadi nama majalah? #eaa.



Akhirnya MJL terbit, Mei 2011 tepatnya. Ternyata gak mudah lo bikin majalah, meskipun e-magz, perlu susah payah. Kenapa ? Satu, karena ternyata bikin majalah itu gak bisa dikerjain sedikit orang. Banyak kolom dan jenis tulisan yang menuntut keahlian orang2 yang beda keahliannya. Satu lagi, saya mengawali membangun majalah ini dengan modal dengkul. Oke lah bagi saya, tapi jujur gak enak banget gak ngasih apa-apa sama teman lain. Apa daya, belum ada iklan yang masuk. Saya taruh hormat sama temen-temen yang mau mbantuin di awal-awal. Dengan pendekatan, ngasih pengertian ke temen-temen akhirnya mereka mau. Saya ngeyakinin mereka kalau majalah ini suksesnya bukan sekarang, tapi nanti. Sayapun gak tau kenapa saat itu saya begitu yakin dengan ide bikin majalah ini. Modal utama saya cuma seneng : elektronika, tulis-menulis, mbaca, juga seneng bikin sesuatu yang gak mainstream.

Awalnya juga saya gak yakin dan takut kehabisan ide buat edisi-edisi depannya. Tapi ternyata bung ! karena bermodal prinsip “do what you love n love what you do”, ide mengalir deras tiap waktu, saya layak bersyukur atas hal ini. Karena memang dengan bersyukur, ni’mat yang kita dapatkan bisa berlipat :p. Ya gak ?

Saya menekankan ke temen-temen redaksi untuk main cantik, gak curang ndownload sendiri untuk banyakin total download. Tiap orang harus belajar punya quality control, dan tetep be creative person. Dengan itu semua, Alhamdulillah MJL edisi 1 (sampe tulisan ini dibuat) di download 500x lebih, dan edisi 2 200x lebih dan akan terus bertambah. So, bagi calon iklan, earlier is better :D. Orang yang baru tahu ada majalah ini, misal di edisi 3, pasti juga akan mengunduh edisi sebelumnya.

Dengan berjalannya waktu, gak perlu takut dengan hari esok, urus yang hari ini dulu. Allah bakal ngasih jatah rezeki ke setiap makhluknya. Sebagai bentuk tanggung jawab telah menciptakan alam semesta. So, pede aja dan ternyata mengasyikkan loh membuat majalah :D, that is never ending project.

4 comments:

@arufaje said...

pertamax kah ane? :D

coretan kita hari ini tentu tidak akan sama dengan 20 tahun yang akan datang, tapi kita harus tahu diri bahwa coretan kita ketika itu bermula dari coretan kita hari ini. yang penting nyoret dulu! \(´▽`)/

Ardian Fauzi said...

hehehe.. yang penting numpang eksis.

tanda tangan dulu..

mampir ke

www.mywalkingthinking.blogspot.com
www.pinqiucz.com

@ang_hilmi said...

Bung Faje : iya, masih mencari format tulisan yang cocok ni buat blog ini, serius tapi santai apa gimana, EYD lagi2 bikin galau. Dan btw link blogmu udah tak pasang, tapi gak bisa bannernya juga, ben adil aja kayak semua ya :D, ntar nek ada banner-e yang lain cemburu :p

Bung Uzi : #yoy trims udah baca2.. ntar share juga pengalaman bisnismu yg luar biasa ya hehe

@akalikal said...

super sekali bung anis ini :D

http://akalikal.kandangbuaya.com

Post a Comment