Kata Bung Karno, "Jasmerah !"

Sejarah ? Ya terkadang kita perlu menengok ke belakang untuk belajar menjadi lebih baik di masa sekarang dan masa depan. Termasuk juga dalam membesarkan start-up, banyak rintangan, sekaligus problem-solvingnya, sayang sekali bila tidak dituliskan. Yang itu semua adalah bagian episode yang seru dalam hidup. Hope it will be useful :)

Strategi Bisnis Trans Corp (nebak)

Tuesday, November 1, 2011

Yah, menepati janji untuk posting blog ^^, kali ini tentang Trans Corp. Sobat tau trans corp ? Itu loh yang punya Trans TV dan Trans 7

Yang saya kagum dari mereka adalah, langkahnya gerilya, sembunyi, tapi efektif (ehm maksudnya gimana nih ?).

Silakan sobat menilai, Trans TV memulai "perubahan" dalam tayangan TV di Indonesia, seimbang sekaligus segar, walau masih baru tapi mereka berhasil menyabet perhatian pemirsa kita. Gak lama kemudian, TV 7 dibeli dan diganti nama jadi Trans 7. Gtau kenapa ada 2 TV tapi satu perusahaan hehe (ilmu saya belum nyampe). Mereka bikin acara-acara yang mendidik kayak laptop si unyil dll, dan cenderung jadi trendsetter macem Mancing Mania dll.

Trus belakangan ini geger ada Trans Studio di Bandung, Makassar dan kota lain. Alhamdulillah saya pernah ngerasain pas di Makassar ^^b, dan kagetnya ternyata ada hotel dan mall juga di sampingnya, di sanalah saya mulai sedikit paham pola bisnisnya :

Bikin TV > Kuasai Media, kuasai dunia (agak lebai) > Punya Trans Studio > di iklankan di TV-nya pake artis-artis yang kerja di Trans Corp > Gratis tanpa harus ngiklan di media lain > Trans Studio dilengkapi hotel, mall, dll > Pemasukan nambah.

So, apakah start-up saya >> majalah jurnaLISTRIK mau ngikut strategi itu ? hehe liat aja nanti ya :D. "Pegang media, pegang dunia." (ngeriii)

0 comments:

Post a Comment